Aktivitas Yang Membuat Badan Menjadi Langsing

1. Olah raga

Olah raga yang paling tinggi berperan dalam penurunan berat badan adalah:
  • Lari
Berlari adalah salah satu aktivitas kardiovaskular terbaik untuk mengurangi berat badan. Orang dengan berat badan 68 kg bisa membakar 893 kalori per jam dengan berlari delapan menit per mil. Sementara berlari selama 10 menit per mil bisa membakar sekitar 731 kalori. Namun olahraga lari belum tentu cocok untuk setiap orang, terutama mereka yang punya masalah disorientasi dan sensitif terhadap aktivitas olahraga keras.
  • Aerobik
Olahraga ini juga efektif mngurangi berat badan karena mampu membakar banyak kalori berlebih sekaligus memperindah bentuk pinggul dan paha. Orang dengan berat badan 68 kg bisa membakar sekitar 357 kalori lewat latihan aerobik selama satu jam. Namun hasilnya bisa berbeda, tergantung seberapa tinggi aktivitas yang Anda lakukan saat aerobik.
  • Bersepeda
Orang dengan berat 68 kg bisa membakar kalori antara 560 sampai 850 per jam, dengan bersepeda sekitar 15 sampai 18 mil per jam. Bersepeda adalah olahraga menurunkan berat badan yang hampir bisa dilakukan semua orang karena kecil kemungkinannya menyebabkan cidera pada otot. Bersepeda bisa dilakukan sendiri atau berkelompok. Adakan perlombaan kecil dengan memutari jalanan seputar kompleks agar kegiatan bersepeda lebih semangat.
  • Berenang
Berenang juga salah satu olahraga yang efektif membakar kalori, dan kecil kemungkinannya menyebabkan cidera pada engsel. Olahraga air ini juga sangat baik untuk keseluruhan tubuh karena membuat hampir seluruh otot tubuh bekerja saat berenang. Orang dengan berat 70 kg bisa membajar kalori antara 497 dan 523, tergantung gaya renang dan kecepatan.


2. Melakukan aktivitas rumah


Jangan pernah menyepelekan pekerjaan rumah, karena seperti mencuci, memasak, berbelanja ke warung, bersih-bersih, naik turun tangga di rumah juga mendapat persentase yang tinggi untuk menurunkan berat badan. Lakukanlah aktivitas rutin tersebut secara teratur. 


3. Bangun pagi


Penelitian terbaru menyimpulkan orang-orang yang gemar bangun pagi, cenderung berbahagia dan menikmati kegiatan seharian itu. Para pecinta pagi yang gemar bangun setidaknya jam tujuh ini juga cenderung lebih berprestasi dalam bekerja, selain juga lebih sulit untuk depresi, stres dan kelebihan berat badan. 

Tim peneliti daro Dr. Joerg Huber dari Roehampton University, Inggris dalam konferensi British Psychological Society, menyebut mereka meneliti sebanyak 1.068 orang dewasa.

Sementara penelitian lain di Amerika Serikat menyebutkan orang yang gemar tidur larut malam, cenderung makan lebih banyak, lebih banyak kalori, kurang makan buah dan sayur. Mereka juga cenderung punya berat badan lebih besar dan kesulitan mencapai berat ideal dibanding mereka yang tidur rutin tidur lebih cepat.


4. Makan siang 


Sebuah penelitian baru menemukan bahwa makan siang akan membantu perut anda kenyang sepanjang hari sehingga lebih gampang untuk menurunkan berat badan.

Dr. Suzanne Higgs, ketua peneliti dari Universitas Birmingham mengatakan bahwa jika fokus maksimum pada makan siang, maka kenangan mereka terhadap masa kanak-kanak akan membantunya bertahan lebih lama tanpa snack, demikian seperti yang dikutip Genius Beauty.

Penelitian itu dilakukan dengan mengikutsertakan tiga kelompok orang. Masing-masing menawarkan hidangan yang sama untuk makan malam.

Pada kelompok pertama, partisipan harus memusatkan perhatian mereka pada makan malam. Kelompok kedua ditawari sebuah artikel koran yang mencakup berbagai resep dan artikel bermanfaat lainnya tentang makanan yang bukan makan malam, dan kelompok ketiga dapat menggabungkan tugas-tugas yang pertama dari dua kelompok tersebut.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan mencoba untuk mengetahui apakah peserta ingat bagaimana mereka makan malam dan apa yang mereka makan.

Para partisipan diminta untuk fokus pada sifat makanan dan ingat pada warna dan bau. Selain itu, mereka harus memberi perhatian penuh tentang proses mengunyah dan menelan, yaitu perhatian harus diberikan kepada masing-masing bagian secara tersendiri.

Setelah makan siang, para partisipan diminta agar supaya mengingat dan menggambarkan apa yang mereka makan. Kemudian mereka ditawari cookie yang lain. Namun, sebagian besar partisipan menolak.

Para ilmuwan menyimpulkan setelah itu bahwa terdapat kaitan langsung antara kenangan jelas tentang makanan utama dan makanan ringan berikutnya. Konsentrasi tinggi perhatian pada makan malam akan membantu anak-anak menghindari makanan berikutnya yang membantu mengontrol berat badan. 


5. Yoga


Bikram yoga (hota yoga) adalah aliran yoga yang sangat menantang, karena pada latihan Bikram, peserta masuk ke ruangan dengan panas sekitar 40 derajat Celcius (104 Fahrenheit) untuk jangka waktu 90 menit dan melakukan 26 posisi. Meskipun untuk tujuan menurunkan berat badan bukanlah tujuan utama pada Bikram yoga, tetapi sudah seyogyanya, berat badan akan mudah turun apabila anda melakukan Bikram yoga dengan reguler dan benar.

Berikut adalah persyaratan untuk melakukan Bikram Yoga...

Berusaha untuk latihan Bikram yoga setidaknya 3x seminggu, atau 10 x tiap bulan. Apabila anda latihan dengan intensitas kurang dari ini, anda tidak akan mendapatkan hasil yang baik pada penurunan berat badan. Dari studi yang ada, praktisi Bikram yoga yang melakukan 5-6 sesi tiap minggunya, akan mendapatkan hasil yang sangat optimal.
Anda harus benar-benar memaksimalkan pose yoga yang diajarkan oleh instruktur. Coba untuk menahan suatu pose dengan jangka waktu yang ditetapkan dan dianjurkan. Untuk satu sesi Bikram Yoga, anda akan membakar sekitar 500-1000 kalori. Tetapi tentunya hal ini adalah suatu indikasi. Berapa kalori yang anda bakar akan sangat tergantung dengan pose yang dilakukan. Makin lemah pose yang dilakukan, maka makin sedikit kalori yang dibakar.

Makanlah 4 jam sebelum sesi yoga dilakukan. Hal ini akan memberikan makanan untuk mengendap di lambung anda tetapi tidak membuat anda kelaparan.
Minumlah yang cukup banyak sebelum latihan Bikram yoga dan setelahnya.

Tanpa melakukan hal diatas, anda tidak akan mendapatkan keuntungan maksimal pada latihan Bikram yoga anda

Catatan:

Sudah tentu anda akan mengeluarkan keringat yang sangat banyak pada waktu melakukan Bikram yoga. Untuk itu, Manduka mempunyai produk yang tepat yaitu "HOT YOGA TOWEL". Handuk ini spesial di design untuk menyerap keringat yang menetes di yoga mat anda dan dengan bahan yang cepat kering. Dengan demikian, anda dapat melakukan posisi yoga dengan maksimal (karena tidak terpeleset oleh keringat sendiri) dan benar.

0 komentar:

Posting Komentar