Tidak Perlu Menahan Lapar Untuk Diet


Anda boleh makan kapanpun Anda lapar. Apakah Anda pernah bertanya, mengapa nafsu makan Anda lebih besar dari orang lain, padahal aktivitas Anda biasa saja? Kalau kuli bangunan, buruh tani, dan pekerja kasar punya nafsu makan yang banyak itu wajar saja. Karena tubuh mereka memang membutuhkannya. Tapi kalau aktivitas Anda biasa saja, tapi nafsu makan Anda banyak dan sulit dikendalikan, pasti ada sesuatu yang kurang beres.

Orang yang kegemukan kesulitan menahan lapar karena dia mengalami "lapar mata", kecanduan makanan, atau emotional eating. Lapar mata maksudnya, kita sebenarnya tidak lapar, tapi karena di dekat kita ada makanan lezat atau kita melihat ada makanan lezat, maka mulut kita ingin merasakan makanan itu. Dorongan itu begitu kuat sampai-sampai terasa bahwa Anda sedang lapar.

Beberapa orang yang kecanduan makanan selalu terdorong untuk makan makanan tertentu setiap hari, bahkan setiap saat. Misalnya orang yang kecanduan coklat selalu menyediakan dan membawa coklat kemanapun dia pergi, dan merasa tidak bisa hidup tanpa coklat.

Emotional eating adalah dorongan untuk makan atau rasa lapar yang timbul karena masalah emosi yang tidak terselesaikan. Orang yang mengalami emotional eatingmenjadikan makan sebagai cara pelampiasan kemarahan, dendam, kekecewaan, ketakutan, kecemasan, minder, rasa tidak berharga, stress, depresi, atau emosi negatif lainnya. Apa cirinya orang yang punya emotional eating? Ciri utamanya adalah ketika emosinya sedang tidak stabil dia mencari pelampiasan dengan cara makan yang lebih banyak daripada biasanya.

Baik lapar mata, emotional eating, dan kecanduan makanan adalah "program pikiran" yang tertanam di pikiran bawah sadar. Karena dia tertanam di pikiran bawah sadar, maka hampir tidak mungkin dilawan dengan kebulatan tekad saja. Berapa banyak orang yang pernah menentukan tekad untuk mengurangi jumlah makannya, kemudian tekadnya luntur di tengah jalan?

Hipnoterapi bisa menghilangkan semua masalah itu dengan cepat. Sehingga secara otomatis tubuh dan pikiran Anda hanya merasa lapar bila secara biologis Anda benar-benar lapar. Anda tidak perlu menahan lapar karena program pikiran negatifyang selalu membuat Anda lapar sudah dihilangkan. Dan secara bertahap, lambung Anda akan mengecil kembali ke ukuran normal dengan sendirinya karena sudah terbiasa dengan makanan yang sedikit.

0 komentar:

Posting Komentar